aku mencintai jingga

saat semesta dinaungi semburat yang mempesona

jingga, semesta menjingga

ketika lamat-lamat suara adzan menghitung detak jantung,

mengukir sebuah kata perpisahan kepada hari

wahai senja..

terimalah aku sebagai kabut

setia menantimu menyambut malam

menundukkan hati dalam-dalam hanya untuk Sang Pemilik Alam

meruntuhkan segala penat dan kesenduan

bersujud hanya untuk satu nama teragung

dan ketika jingga menutup tabir untuk hari ini,

aku ingin pulang di kala senja

kembali pada kisahku yang terukir di langit

hening dan abadi.

Senin, 07 Juni 2010

MG ( Myasthenia Gravis )

Myasthenia Gravis adalah salah satu gangguan autoimun yang merusak komunikasi antara saraf dan otot, mengakibatkan kelemahan pada otot. Penyakit ini tergolong langka dan bukan merupakan penyakit menular ataupun menurun dan biasanya lebih sering menyerang wanita.

Pada Myasthenia Gravis, antibodi yang dihasilkan menyerang salah satu reseptor pada otot yang bereaksi terhadap neurotransmitter acetylcholine. Sederhananya, neurotransmitter acetylcholine adalah suatu zat yang berfungsi sebagai penghantar perintah dari saraf ke otot. Akibatnya komunikasi antara sel saraf dan otot terganggu. Penyebab antibodi menyerang reseptor acetylcholine sendiri belum diketahui secara pasti. Berdasarkan salah satu teori, kerusakan pada kelenjar thymus adalah penyebabnya. Kelenjar thymus adalah salah satu kelenjar dalam tubuh kita yang menghasilkan antibodi ( kekebalan tubuh ).

Pada kelenjar thymus, sel tertentu pada sistem kekebalan belajar bagaimana membedakan antara tubuh dan zat asing. Kelenjar thymus juga berisi sel otot dengan reseptor acetylcholine. Untuk alasan yang belum diketahui, kelenjar thymus menghasilkan antibodi yang berlebihan dari jumlah normal yang kemudian menyerang acetylcholine. Ditemukan juga penderita Myasthenia Gravis yang mengalami pembengkakan kelenjar thymus.

Beberapa gejala yang terjadi pada Myasthenia Gravis diantaranya :
1. Kelopak mata lemah atau layu ( ptosis )
2. Penglihatan ganda ( diplopia )
3. Kelemahan pada otot wajah, leher susah ditegakkan, dan bibir ( sebagian penderita Myasthenia Gravis sulit tersenyum manis...hehe ). Ciri khas yang biasa ditemui pada penderita MG adalah senyum yang terlihat seperti sedang menangis.
4. Sewaktu-waktu dapat pula timbul kelemahan pada otot mulut sehingga mulut penderita sulit untuk ditutup.
5. Kelemahan pada otot lidah dan faring sehingga kesulitan untuk menelan dan berbicara ( cadel dan biasanya susah untuk mengucapkan beberapa huruf )
6. Kelemahan pada otot pernafasan yang menyebabkan penderitanya sulit untuk bernafas ( dada terasa berat untuk bernafas, nafas tersengal bahkan terjadi sesak nafas )
7. Kelemahan pada otot pita suara ( suara biasanya terdengar sengau )
8. Kelemahan pada otot motorik atau tangan dan kaki ( sering terjatuh ketika berjalan, tidak kuat berjalan jauh, kesulitan naik turun tangga, tidak kuat menulis dalam jangka waktu yang cukup lama, sulit mengangkat tangan, dan lain-lain )
9. Beberapa penderita sering tersedak saat minum.

Gejala-gejala di atas dapat terjadi secara tiba-tiba, kadang-kadang saja apabila aktivitas berlebihan, atau setiap hari ( kelemahan meningkat seiring dengan meningkatnya aktivitas fisik ). Gejala biasanya sedikit berkurang dan membaik setelah beristirahat.

Namun semua gejala di atas tidak ditemukan pada satu penderita MG. Maksudnya, seorang penderita MG mungkin hanya mempunyai gejala pada nomor satu saja, ada pula penderita yang mengalami gejala pada nomor 1, 2 dan 3, atau pada nomor 7 saja, dan lain-lain.

Kelemahan otot yang terjadi antara satu penderita dengan penderita lainnya pun memiliki derajat yang berbeda. Ada yang tingkat kelemahannya rendah, sedang bahkan parah. Reaksi terhadap penggunaan obat dan treatment-treatment juga berbeda di antara penderita.

Obat-obatan digunakan untuk membantu meningkatkan kekuatan dan meningkatkan jumlah acetylcholine, seperti pyridostigmine yang dapat meningkatkan kekuatan otot dan kortikosteroid untuk menekan reaksi autoimun. Konsumsi per hari tergantung dari kondisi penderitanya sendiri ( kalau saya, semau dan sebutuhnya aja.... :D ). Catatan, obat-obat yang diberikan bukan untuk menyembuhkan tetapi hanya untuk mengurangi gejala yang dirasakan.

Treatment lainnya yang tersedia adalah Plasmapheresis ( penyaringan plasma darah dari antibodi yang telah mencemarinya ), pemberian IVIG atau Intravenous Immunoglobulin ( cairan yang berisi antibodi sehat dari donor ), Thymectomy ( operasi pengangkatan kelenjar thymus ) yang dilakukan apabila penderita mengalami pembesaran pada kelenjar thymus.

Secara medis, MG belum dapat sembuh total. Ada istilah remisi, penderita dapat dikatakan sembuh dan tanpa obat atau treatment apapun ( banyak penderita MG yang mengalaminya... :) ). Apapun itu, semuanya hanya Tuhan yang berkehendak. Bukan begitu?



 

39 komentar:

  1. Just take it easy. Semoga Allah mengangkat penyakitnya, amiin
    Salam kenal :)

    BalasHapus
  2. Amin....
    Salam kenal kembali kak gaelby.... :)

    BalasHapus
  3. dengan penuh ketuLusan hati, saya hanya bisa mendoakan agar apa yang sedang mbak derita dapat segera di angkat oLeh ALLAH SWT yang Maha Pengasih dan Penyayang terhadap ummatnya yang seLaLu sabar dan ikhLas daLam menghadapi semua ini.
    apapun itu menurut anaLisis medis, insya ALLAH setiap penyakit ada obatnya. namun semuanya perLu proses.
    semoga mbak Nilla seLaLu diberikan kesabaran dan keikhLasan daLam menghadapi semua ini, TETAP SEMANGAT MENGISI KEHIDUPAN INI DENGAN BERSYUKUR KEPADA SANG PENCIPTA!!!.

    BalasHapus
  4. Subhanallah.! Banyak ilmu yg saya peroleh dari tulisan ukhti. Trimakasih. Ukhti adalah manusia pilihanNYA. DIA 'menitipkan' ini pada Ukhti krn DIA tau Ukhti MAMPU. Smoga Ukhti diberi kesabaran dan kekuatan melalui semuanya. Sgala sesuatunya akan berakhir indah pada waktunya.

    Salam semangat..!

    BalasHapus
  5. om rame....Amin....trims doa dan semangatnya ya..
    Kalau semua dihadapi dengan rasa syukur, niscaya ssemuanya akan terasa indah.. :)

    Sriayu.....Alhamdulillah...semoga bermanfaat ya Ukhti. Amin....
    Allah tidak akan meguji seorang hamba di luar kemampuanya. Insya Allah semua yang diberikan-Nya adalah yang terbaik.. :)

    BalasHapus
  6. satu persatu saya teLusuri tuLisan Mbak Nilla, sangat membuat saya tersentuh dan merinding daLam memaknainya, pada akhirnya sebuah SKAK-MAT bagi saya. tidak ada kata Lain kecuaLi mengangguk dan mengiayakan.

    beberapa jam saya terpaku, yakni memadukan zoom foto profiL Mbak Nilla, nuansa tampiLan bLog yang penuh dengan daun berguguran, meLihat tuLisan "Aku Ingin Pulang Dikala Senja", dan membaca tuLisan Mbak.
    pada akhirnya berimaginasi untuk bercermin diri dan tiba-tiba pikiran saya bLank, tidak terasa air mata menetes. sudah sejak beberapa tahun terakhir, baru ini saya meneteskan air mata Lagi.

    BalasHapus
  7. om rame..... :)
    terima kasih atas apresiasinya ya, kita sama-sama saling berbagi dan semoga bermanfaat untuk kita semua. Salam persaudaraan, dan tetap bersyukur untuk semua yang ada dalam genggaman kita...^_^

    BalasHapus
  8. Salam...

    Aku penasaran sekali tentang MG, karena itu akhirnya aku klik tautannya dan sampailah di posting ini. Nila yang sabar ya... aku yakin semua pasti ada obatnya selagi kita masih berusaha, tetap semangat!!! ^_^

    BalasHapus
  9. Cerita Hujan....Amin....Insya Allah semua yang diberikan-Nya adalah yang terbaik, yang penting tetap semangat..^_^

    trims yaaa...

    BalasHapus
  10. Terima kasih sudah sharing sehingga akan banyak orang yang tahu tentang hal ini dan tentunya insya Allah sangat bermanfaat. Dan untuk dindaku Nilla, saya yakin mampu menghadapi ujian Allah ini, karena tidaklah Allah menguji ummat-Nya kecuali sebatas kemampuan."Dan Kami turunkan dari Al Qur'an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Qur'an itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang lalim selain kerugian."

    BalasHapus
  11. Amin....setiap orang pasti punya permasalahannya masing2 dan Allah yang paling tau, apakah kita mampu atau tidak...

    Terima kasih banyak ya Ummiega....^_^

    Semoga kita selalu kuat dalam menghadapi apapun yang hadir dalam hidup kita...

    BalasHapus
  12. Saya baru sempat membaca postingan ini, semoga Nilla diberi kesabaran dan syukur, kita saling mendo'akan ya :)

    BalasHapus
  13. Mba Winny....Amin...makasi doanya ya kakakku...
    Iya mba, semoga kita masih selalu diberi kesempatan untuk saling mendoakan dan memberikan semangat satu sama lain ya... :)

    BalasHapus
  14. happy weekend
    have a nice day
    be a familys
    shake it babby
    want a be hot,
    roll arounds
    thats it

    BalasHapus
  15. majuindonesiaku....thanks a lot my friend...
    i know i can do that
    keep spirit.. :)

    BalasHapus
  16. sabar yaa Kaa . tetap smangat menjalani hari ! (:

    dianauroradiaries.blogspot.com

    BalasHapus
  17. DianAurora....yupz...makasi ya Dian...^_^

    BalasHapus
  18. semangat ^_^, semoga cepat sembuh

    BalasHapus
  19. semangat ya la.. itu sumber kekuatan dan harapan. aku doakan semoga kesembuhan menyertaimu. amiin.. :)

    BalasHapus
  20. arief hidayat....Amin...trims doanya ya...^_^


    Kirana....Amin...
    yupz, semangat terus !! ^_^
    trims Kirana...

    BalasHapus
  21. satu hal yang membuat pakies tertegun dan takjub adalah sebuah ketegaran dan keikhlasan dalam menerima pemberian Allah. Subhanalloh setiap kali pakies melihat orang yang begitu ikhlas dan tabah dijamin akan ada tetesan air mata batin haru yang mengalir menumbuhkan akar keimanan.
    Ya Allah, kuatkan keikhlasan adikku Nilla Gustian dalam menerima anugerah ini, semoga ada banyak kebaikan di balik semua ini. Dan jadikanlah kesembuhan agar menjadi uhkti yang muslimah menjalankan apa yang dicontohkan Baginda Rasulullah saw. amin

    BalasHapus
  22. Mas Pakies....Amin Ya Robbal 'Alamin...
    Terima kasih sekali doanya ya mas. Hanya mengingat sebuah janji dari Allah, bahwa DIA tidak akan menguji seseorang di luar batas kemampuannya. Allah Maha Tahu semua yang terbaik untuk kita.. :)

    Insya Allah kita diberikan kekuatan untuk menjalani apapun yang hadir dalam hidup kita ya mas...Amin..

    BalasHapus
  23. Syafaakillah ilal 'aafiyah yo Ukhti Nilla...

    Laa yukallifu4WIu nafsan illaa wus'ahaa...

    Tatap semangat yo...

    Salam kenal dari Zool di Bukittinggi...^_^

    BalasHapus
  24. Zool....Insya Allah selalu semangat...trims Zool..^_^

    BalasHapus
  25. jangan patah semangat ya nilla, Insya Allah aku yakin nilla pasti sembuh, ga ada yang ga mungkin di dunia ini, dokter boleh mendiagnosa tapi sudah ada yang mengatur dan menentukan yaitu Allah

    BalasHapus
  26. mixedfresh....Amin ya robbal 'alamin...
    iya, insya allah semangat itu terus ada, meskipun terkadang nyalanya melemah tapi takkan pernah padam :)
    Terima kasih kawanku ^_^

    BalasHapus
  27. Semoga tetap diberikan setabahan dan kekuatan dalam menjalani semua ini,..SEMANGATTT!!!

    BalasHapus
  28. e-alkes blog....Amin...trims semangatnya ya ^_^

    BalasHapus
  29. Semoga Allah segera memberikan kesembuhan untuk Nilla Gustian.
    Oh ya, salam kenal ya : Assalamu'alaikum:-)

    BalasHapus
  30. ikhsan....wa'alaikumsalam..
    Amin..trims doanya ya :)
    Salam kenal kembali Ikhsan ^^

    BalasHapus
  31. Semoga Allah memberikan banyak kesabaran dan kekuatan dalam menjalani hari harimu, Diberikan Nya kesembuhan untuk penyakitmu.
    Tetap semangat yah. Salam saya.. .

    BalasHapus
  32. klik nama ini, anda langsung di bawa ke pada sumber nya.. semoga ini bermanfaat untuk kamu ya sobat... salam bloggers

    BalasHapus
  33. semoga selalu diberkahi Allah ya.... ^__^

    BalasHapus
  34. sebagai sodara tak ada yang lebih baik ku lakukan kecuali hanya do'a... semangat sobat... jingga sebja pasti kau rai dengan senyuman...

    BalasHapus
  35. Perkenalkan saya setiadi, saya punya teman seorang "pengobat", beliau merasa turut prihatin dengan penyakit yang saudara/i sekalian derita (Myasthenia Gravis)dari kompas minggu 3 april 2011. Beliau tidak mengerti dengan istilah kedokteran tersebut tapi pada prinsipnya, menurut pandangan beliau tidak ada satupun penyakit yang tidak ada obatnya. Pada saat ini belum seorangpun yang beliau obati terhadap penyakit tersebut. Seandainya ada yang bersedia untuk beliau bantu mengobati penyakit tersebut, beliau bersedia mengobati/terapi tanpa memungut biaya khusus jakarta untuk 1-2 orang saja (ikhlas).
    Seandainya ada yang berminat bisa menghubungi saya via emai:setiadipurwanto@gmail.com.
    Terimakasih

    BalasHapus